Tips Merawat Plakat Akrilik

Tips Merawat Plakat Akrilik Plakat akrilik atau acrylic adalah salah satu benda yang menjadi simbol tentang suatu penghargaan, kenangan atau ucapan terima kasih. Benda ini ditujukan pada individu atau kelompok dalam suatu event atau peristiwa tertentu. Plakat banyak dipilih karena harganya yang sangat terjangkau dan sangat pantas dijadikan simbol pada momen tertentu. Apalagi benda yang satu ini memilik ragam pilihan bentuk, jenis dan warna sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Plakat menjadi sebuah benda souvenir yang sering dipesan oleh banyak konsumen. Umumnya, plakat tercipta dari bahan kayu ataupun akrilik. Dipercetakan, kamu bisa menemukan plakat yang terbuat dari dua bahan utama tersebut. 

Manfaat Menggunakan Plakat Akrilik

Produksi plakat akrilik souvenir umumnya diciptakan menggunakan contoh yang bervariasi serta desain dan tampilan yang semenarik mungkin.plakat ini akan berguna untuk  memperingati hari atau peristiwa tertentu agar tidak mudah terlupakan. Misalnya seperti acara wisuda, pernikahan, kkn atau momen lain yang dianggap berkesan oleh banyak pihak.

Plakat bisa menjadi suatu pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai simbol peristiwa. Selain harganya yang terjangkau, proses pengerjaannya pun tidak memakan waktu yang lama. Bukan hanya itu saja yang menjadi kelebihan dari plakat berbahan akrilik. Benda yang satu ini sangat irngan dan tidak berat saat dipegang. Sehingga, sangat praktis digunakan dalam berbagai acara.

Sebagai Simbol Penghargaan

Biasanya, plakat akrilik dipakai untuk penghargaan atau peringatan terhadap kinerja atau prestasi karyawan. Plakat yang dicetak untuk penghargaan terhadap prestasi karyawan biasanya terbuat dari bahan akrilik yang dilengkapi kaki resin ataupun akrilik. Selain itu, plakat ini juga bisa dipakai untuk memberikan penghargaan kepada individu atau kelompok yang memenangkan suatu kompetisi atau perlombaan.

Hal ini tentu saja semakin menambah kesan mewah dan elegan, namun tetap memperlihatkan aspek fungsionalnya. Hal ini didukung dengan proses penulisan dalam plakat berbahan akrilik yang menggunakan teknik white ink. Tentunya, teknik ini  sangat bersifat minimalis sekaligus formal.

Simbol Ucapan Terima Kasih

Selain itu, plakat akrilik juga dapat digunakan dalam rangka pemberian ucapan terima kasih. Misalnya saat individu atau kelompok selesai magang atau KKN. Bahkan, simbol ucapan ini juga bisa dipakai untuk souvenir ulang tahun, pernikahan, kaitan dan lain sebagainya.

Simbol Hadiah

Jika seseorang baru melahirkan, biasanya ada kerabat atau sanak saudara yang memberikan kado berupa plakat berbahan akrilik. Tujuannya adalah supaya hadiah ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama. Sehingga, hadiah terbesit benar-benar terkesan simbolik dan mengesankan.

Selain itu, plakat akrilik juga dipakai untuk hadiah wisuda. Kamu bisa mendesain tampilan plakat seciamik mungkin dengan memberi sentuhan yang modern. Sebab, saat ini ada banyak sekali desain plakat yang lebih berkembang dan terbarui. Sehingga, banyak anak muda yang tertarik untuk memakai plakat sebagai simbol hadiah. Bisa dibilang kalau plakat di zaman sekarang sudah tidak lagi dianggap sebagai bahan yang kuno atau tidak menarik.

Tips Merawat Plakat Agar Tetap Awet

Tips merawat plakat akrilik
tips merawat plakat akrilik

Terlepas dari berbagai keunggulan yang dimilikinya, plakat berbahan akrilik juga terbilang mudah perawatannya. Tentunya, perawatan tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat plakat berbahan akrilik. Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak pembahasannya tips merawat plakat akrilik di bawah ini :

Membersihkan Plakat Secara Terjadwal

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat plakat akrilik adalah dengan membersihkannya secara teratur atau terjadwal. Proses pembersihan plakat ini harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi dari debu atau kotoran yang menempel. Selain itu, pencucian yang dilakukan secara terjadwal dapat menghindari adanya kerusakan pada plakat.

Sebaiknya kamu juga memperhatikan bahan yang digunakan untuk membersihkan plakat. Usahakan untuk menghindari bahan-bahan pembersih yang berbau kimia karena hal tersebut dapat memengaruhi kualitas plakat. Sebaiknya, gunakanlah bahan-bahan alami sebagai pencuci plakat akrilik.

Jika tidak ada bahan-bahan alami, kamu bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan kain yang masih higienis. Usahakan untuk memakai kain yang memiliki serat-serat halus, sehingga kain tersebut dapat membersihkan kotoran yang menempel pada plakat akrilik secara maksimal.

Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak

Anak-anak suka sekali memainkan benda-benda yang menurut mereka menarik perhatian. Kadang kala, benda yang dipegang oleh anak rentan mengalami kerusakan akibat dibanting, dilempar, digosok dan lain sebagainya. Maka dari itu, agar plakat yang kamu punya tidak rusak, sebaiknya jauhkanlah plakat tersebut dari jangkauan anak-anak.

Kamu bisa menyimpan plakat akrilik di tempat aman yang tidak bisa diraih oleh anak-anak. Misalnya, di rak bagian paling atas, di dalam almari, di dalam etalase, dan lain-lain. Hal yang terpenting adalah anak-anak tidak dapat meraih plakat kesayangan kamu.

Meletakkan Plakat dalam Bentuk Display

Plakat yang sifatnya permanen saja dapat rusak bila jarang dirawat, apalagi plakat yang standar kualitasnya di bawah plakat permanen. Semua jenis plakat memang perlu penanganan yang tepat agar terhindar dari berbagai macam kerusakan dan kecacatan. Alangkah lebih baik jika plakat akrilik yang kamu koleksi diletakkan pada lemari atau etalase diplay yang memang dikhususkan untuk plakat. Selain memudahkan perawatan, hal ini juga dapat menambah kesan estetika dari plakat tersebut. Bagaimanapun, plakat akan terlihat lebih menarik jika disandingkan dengan benda-benda sejenisnya.

Meletakkan plakat akrilik di dalam etalase atau lemari display juga dapat mencegah debu dan kotoran menempel pada plakat. Memang, yang namanya debu tidak akan bisa dihindari seratus persen meskipun barang sudah diletakkan dalam lemari yang terkunci rapat. Jika plakat tidak dikeluarkan dalam etalase pun, debu juga tetap dapat masuk dan menempel pada benda berharga tersebut. Maka dari itu, agar kualitas plakat tetap baik, penting sekali untuk membersihkannya secara teratur.

Melapisi Plakat dengan Bahan Khusus

Jika meletakkan plakat pada etalase display masih kurang memuaskan dalam menjaga kualitas plakat, maka kamu bisa menambah perawatan dengan memberikan pelindung pada plakat. Kamu bisa memberikan lapisan khusus pada plakat yang dapat melindungi benda tersebut dari berbagai kotoran yang mudah menempel. Sehingga, plakat bisa tetap dalam keadaan cantik sekaligus awet.

demikianlah pembahasan singkat terkait tips merawat plakat akrilik . Semoga artikel ini berfaedah dan membantu kamu dalam merawat kualitas plakat berbahan akrilik.

One Reply to “Tips Merawat Plakat Akrilik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *